Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga adalah salah satu tokoh Walisanga ( yang menyebar kan agama dijawa). Nama asli beliau adalah Raden Mas Said, diperkirakan lahir pada tahun 1450 di Tuban,dan diperkirakan hidup lebih dari 100 tahun. Sunan Kalijaga merupakan putra dari Adipati Tuban yang bernama Raden Sahur atau Tumenggung Wilatikta dan ibunya bernama Dewi Nawangarum. Beliau masih ada keturunan dari pemberontak Majapahit yaitu Ronggolawe.
Dimasa mudanya Sunan Kalijaga sangat nakal seperti berjudi, minum minuman keras, dan mencuri. Hingga suatu ketika ia diusir dari Kerajaan oleh ayahnya. Suatu waktu ia kena batunya, yang ia rampok adalah Sunan Bonang. Sunan Kalijaga dinasehati oleh Sunan Bonang, ia sadar dan akhirnya bertaubat, sehingga tidak lagi merampok ataupun melakukan hal yang tercele lagi.
Sunan Kalijaga ingin sekali menjadi murid dari Sunan Bonang, ia akan melakukan apa saja yang diperintah oleh Sunan Bonang supaya bisa menjadi muridnya. Salah satu syarat yang diberikan oleh Sunan Bonang adalah Raden Said harus menjaga tongkat di pinggir kali dan tidak boleh pergi sebelum Sunan Bonang datang. Raden Said berhasil melakukannya dan ia pun menjadi murid dari Sunan Bonang.
Sunan Bonang menjadi guru spiritual Raden Said. Selain belajar agama Islam Raden Said juga belajar kesusastraan Jawa, tembang Jawa, dan mendalang.
Dakwah nya dimulai di Cirebon, metode yang digunakan adalah dengan memasukkan ajaran agama Islam ke budaya Jawa. Sebagai dalang, Sunan Kalijaga dikenal dengan julukan Ki Dalang Sida Brangti, Sunan Kalijaga tidak mematok tarif, melainkan dengan dua kalimosodo (dua kalimat syahadat) sebagai tiketnya.


(Yassirly)

Artikel yang Direkomendasikan