Self Love

Mungkin mudah untuk menyebut mencintai diri sendiri tapi tak semudah itu untuk di praktikkan. Banyak orang yang merasa tidak percaya pada dirinya sendiri bahkan sampai ada yang merasa bahwa dirinya tidak pantas atau merasa kurang bahagia dalam hidupnya.

Hal tersebut adalah bentuk paling jelas yang bisa dirasakan saat seseorang tidak bisa mencintai dirinya sendirinya sepenuhnya. Padahal mencintai diri sendiri itu sangat penting dan bermanfaat untuk kita. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Membangun kepercayaan diri

Dengan mencintai diri sendiri membuat kita merasa percaya diri, dan bisa menjalain sebuah hubungan, bagaimana kalau kita sudah menjalin hubungan namun kita tidak percaya pada diri kita sendiri? Maka akan ada banyak keraguan untuk diri kita dan orang lain, oleh sebab itu kita harus mencintai diri sendiri terlebih dahulu baru setelah itu kita bisa mencintai orang lain.

  1. Menerima indeks diri

Jika kita mengenal diri kita, kita akan mulai menerima kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Dengan begitu cinta yang kita miliki untuk diri kita juga akan mengalir pada orang yang ada di sekitar kita.

  1. Bisa menjadi diri sendiri

Jika ingin memulai untuk mencintai diri sendiri, mulailah dengan mengenal lebih dalam tentang diri sendiri, menerima apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan tidak membandingkan diri dengan orang lain. Dengan begitu, hidup akan menjadi lebih bermakna dan bahagia.

Demikian beberapa manfaat jika kita mencintai diri sendiri, semoga cara tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua.

( Ayu Putry )

Artikel yang Direkomendasikan