Sejarah Pendirian dan Data

Sabilul Huda 

Profil 2012 – saat ini

logo-yayasan-bangkit-sejahtera-bingkai-shadow logo-panti-asuhan-new logo-pondok-sh-new2

Yayasan Bangkit Sejahtera adalah yayasan yang bergerak dibidang sosial keagamaan, yang telah bergerak sejak tahun 1998, dan dikukuhkan secara hukum pada tanggal 1 ramadhan 1427 H, 23 September 2006 dengan nama awal Yayasan Sabilulhuda. Mulai proses pendaftaran ke Menkumham dan berubah nama menjadi Yayasan Bangkit Sejahtera pada tanggal 1 Djulhijah 1433 H, 17 Oktober 2012 di Yogyakarta

Dengan Legalitas sebagai berikut

  • SK Menkumham No. AHU-01318.50.10.2014
  • NPWP Yayasan Bangkit Sejahtera 31.616.819.4-542.000
  • SK Panti Asuhan dari Dinsos Provinsi DI Yogyakarta, tahun 2010 no 188/0004/VI
  • SK Pesantren dari Depag, tahun 2011, No. E. 11292

Yayasan ini memfokuskan diri pada pembinaan anak dhuafa dan anak yatim. Yang dilakukan melalui 4 amal gerak yayasan yaitu, Pondok Pesantren Sabilulhuda, Panti Asuhan Sabilulhuda, CV. Herbal Sabilulhuda, PT. Alam Sada. Pondok Pesantren Sabilulhuda merupakan elemen pendidikan untuk membetuk generasi muda yang berpegang teguh pada Al Quran dan As Sunnah. Panti Asuhan Sabilulhuda merupakan wadah organisasi yang mendidik adab keseharian serta menanggung seluruh biaya hidup anak dididk yang terdiri dari biaya sekolah formal, makan dan perlengkapan sekolah dan kebutuhan sehari hari. CV Herbal Sabilulhuda dan Rumah Makan dan Resto Iwak Banyu merupakan amal usaha yang berorientasi pada keuntungan (profit oriented) sebagai sumber pembiayaan Yayasan yang dikumpulkan melalui Baitul Maal Sabilulhuda

 

Profil per tahun 2006 – 2012

Per tanggal 1 Oktober 2012 M, 1 Dzulhijjah 1433 H, Yayasan Sabilulhuda berganti nama menjadi Yayasan Bangkit Sejahtera, selanjutnya Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilulhuda saat ini berada dibawah pengelolaan Yayasan Bangkit Sejahtera

Sabilul Huda adalah lembaga dakwah yang dibentuk pada tanggal 1 Ramadhan 1427 H, 23 September 2006, secara formal di DI Yogyakarta, Indonesia. Secara non formal, Sabilul Huda telah berdiri sejak tahun 1998

Sebagai langkah kongkret, wujud keimanan kami kepada ayat Allah :

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan”(QS Al Maidah 5 : 35)

Assalamualaikum wr.wb.

Segala puji syukur bagi Allah SWT, sholawat dan salam semoga tercurah kepada nabi besar  Muhammad SAW.
Terdorong oleh besarnya keinginan mengamalkan ajaran rasulullah  “Sebaik-baik diantara  kalian  adalah yang paling banyak memberikan manfaat  bagi orang lain”  (al hadits)serta keinginan untuk membumikan ajaran Quran dan sunnah demi tercapainya kesejahteraan yang hakiki dunia dan akhirat  sebagai perwujudan  Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam, maka berdirilah Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda.

Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilulhuda adalah Unit Sosial yang bernaung dibawah Yayasan Bangkit Sejahtera, Unit ini bergerak dibidang keagamaan dan pendidikan. Ini adalah unit pertama sejak tahun 1998 dan yang memulai semua cita cita yang diemban saat ini oleh Yayasan Bangkit Sejahtera.

Ada dua pilar amal gerak pondok pesantren dan panti asuhan ini yaitu yang pertama peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan formal (pendirian sekolah gratis yang berkualitas untuk kaum dhuafa, MI Mts dan MAN) dan non formal (pendirian Pondok Pesantren enterpreneur), yang kedua pelayanan umat melalui pendirian Panti Asuhan bagi kaum dhuafa.

Amal gerak yang sudah dijalankan saat ini adalah Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Sabilul Huda, Lab inkubator bisnis, sedangkan yang lainnya masih dalam perencanaan dan perintisan.

Banyak kekurangan dan kelemahan yang ada  maka  sangatlah diharapkan kritik dan saran dari para pembaca yang budiman demi terujudnya cita-cita yayasan. Mohon maaf  atassegala kesalahan.

Wallahu a’lam bissowwab, assalamualaikum Wr. Wb.
Inilah perwujudan kesungguhan perjuangan kami di jalan Allah untuk mendekatkan diri kepada-Nya agar menjadi bagian dari golongan manusia yang beriman, bertaqwa.

 

Alamat dan contact person

Data Sabilul Huda

Alamat : Jl. Kaliurang Km. 17 No. 62 Sukunan Rt 05 Rw 25 Pakembinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta

Telp. Panti Asuhan : (0274) 895475

Yang dapat dihubungi : Prawoto Agung Wiryawan

HP : 081328002838