Seribu satu manfaat minyak zaitun

Hasil gambar untuk manfaat minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun memang sudah dari sejak dahulu sebagai perawatan kecantikan dan kesehatan. Karena didalam minyak zaitun itu sendiri, terkandung sejumlah nilai gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Karena didalam minyak zaitun terkandung vitamin E dan K serta sedikit sekali zat besi. Minyak zaitun itu sendiri terbuat dari tanaman zaitun. Proses pembuatanya pun tidak terlalu sulit.

A. Cara pembuatan minyak zaitun;

  1. Buah sudah harus diproses sebelum dua hari setelah dipetik dari pohonya
  2. Setelah buah dipetik, kemudian disortir dipilih yang baik, serta dicuci
  3. Selanjutnya buah zaitun tersebut digiling beserta biji bijinya
  4. Selanjutnya dilakukan proses pemerasan selama kurang lebih satu jam, sehingga minyak naik ke permukaan
  5. Yang terakhir adalah dengan memisahkan antara minyak zaitun, ampas dan air.

B. Jenis jenis minyak zaitun.

  1. Exstra virgin olive oil. Minyak zaitun jenis inilah yang terbaik. Karena hanya melalui satu tahapan saja yaitu pemerasan atau pengepresan. Dan juga hanya memiliki kadar keasaman satu persen saja.
  2. Zaitun firgin, minyak zaitun ini diambil dari perasn pertama, tetapi mempunyai kadar keasman hingga mencapai 3%

Langsung saja kita bahas, apasih manfaat minyak zaitun dari segi kesehatan dan juga dari segi kecantikan.

1. Khasiat minyak zaitun dari segi kesehatan.

Hasil gambar untuk manfaat minyak zaitun

Berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa manfaat minyak zaitun itu terutama untuk kesehatan kita sangatlah banyak. Salah satu manfaat minyak zaitun bagi tubuh kita diantarnya:

a. Dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi

Manfaat minyak zaitun juga dapat mengurang kolesterol jelek ( LDL). Dan tetap dapat melindungi kolesterol yang baik (HDL). Cara yang paling sederhana jika kalian ingin mengurangi kolesterol. Yaitu dengan mengkonsumsinya setiap hari, dengan cara minyak zaitun tersebut dibuat untuk masak. Ataupun minyak zaitun dicampur dengan salad.

b. Dapat mencegah penyakit jantung

Salah satu manfaat minyak zaitun bagi tubuh kita yaitu. Dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Sedangkan penyakit jantung itu sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan. Dengan cara mengkonsumsi setiap hari 4 sendok makan minyak zaitun. Maka penyakit jantung akan hilang.

c. Dapat mengatasi darah tinggi

Manfaat minyak zaitun yang lainya juga dapatmengatasi darah tinggi. Kerena didalam minyak zaitun ssendiri mengandung zad acid.

d. Dapat mencegah terjadinya penyakit kanker.

Manfaat minyak zaitun juga dapat mencegah terjangkitnya penyakit kanker. Dengan cara pola makan yang sehat dengan ditambah satu cendok makan minyak zaitun. Karena salah satu kandungan minyak zaitun itu vitamin A, dapat berfungsi sebagai anti oksidah pada tubuh kita.

Kemudian masih banyak lagi manfaat minyak zaitun bagi tubuh kita. Selanjudnya kita bahas manfaat minyak zaitun dari segi kesehatan.

e. Dapat mengurangi peradangan diperut

Hal ini dikarenakan kadar polifenol yang cukup tinggi yang terdapat pada minyak zaitun. Sehingga menjadikan lambung terjaga dari infeksi akibat rutinitas kita sehari hari.

f. Manfaat minyak zaitun untuk payudara

Diantara manfaat minyak zaitun adalah sebagai pelembab payudara. Mencerahkan kulit payudara  serta dapat mengencangkan payudara kalian. Caranya sederhana, cukup kalian oleskan minyak zaitun pada kulit payudara kalian, dengan teratur sehari 2 kali. Pagi hari dan malam hari sebelum kalian tidur.

2. Dari segi kecantikan.

Hasil gambar untuk manfaat minyak zaitun sebagai tambahan makanan

Banyak orang sudah mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Hal ini sudah bukan rahasia umum lagi. Diantara manfaat manfaat adalah sebagai berikut.

a. Manfaat minyak zaitun untuk wajah berminyak.

Kondisi wajah setiap orang berbeda beda, ada yang wajahnya mudah kering. Ada juga yang wajahnya mudah berminyak. Bagi kalian yang mempunyai wajah berminyak, kalian bisa mengatasi dengan memakai minyak zaitun. Caranya cukum mudah, ambil tepung beras sekitar 3 cdm kemudian dicampur minyak zaitun secukupnya. Setelah bahan tersebut sudah tercampur rata, maka gunakan adonan tersebut sebagai masker wajah kalian. Diamkan selama 15 menit, setelah itu besihkanlah dengan air yang dingin, selanjutnya kalian akan merasakan perbedaanya.

b. Manfaat minyak zaitun untuk rambut rontok

Kalian hanya perlu mencampurkan dua bahan yaitu, minyak zaitun dan vitamin E. Aplikasikan campuran ini pada kepala kalian. Pijat lembut dengan gerakan melingkar di kulit kepala. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Rambut Anda akan lebih tebal dan kuat.

c. Manfaat minyak zaitun untuk bibir.

Minyak zaitun ini juga dapat memperbaiki bibir bibir yang pecah. Atau dapat juga menjaga kelembapan bibir tersebut serta bibir terlihat merah alami tanpan lipstik. Cara menggunakan minyak zaitun yang praktis untuk bibir adalah:

  1. Bersihkan muka dan bibir dengan air hangat
  2. Bersihkan air yang menempel diwajah dan dibibir
  3. Oleskan minyak zaitun pada bibir secara merata
  4. Dan yang terakhir biarkan sampai keesokan harinya.

d. Khasiat minyak zaitun untuk kulit.

Kalian bisa mengaplikasikan minyak zaitun keseluruh badan kalian, sebagai pengganti body lotion. Dengan menggunakan minyak zaitun, maka kulit kalian akan mendapatkan kelembapan yang pas. Serta kalian tidak takut terkena sinar uv dan radikal bebas. Karena minyak zaitun sendiri mempunyai antioksidan yang berguna mengurangi dari radikal bebas dan sinar uv. Sehingga kulit tetap terjaga sepanjang hari.

C. Selain untuk kesehatan dan kecantikan minyak zaitun juga masih terdapat beberapa fungsi, diantaranya

a. Sebagai bahan tambahan makanan

Hasil gambar untuk manfaat minyak zaitun sebagai tambahan makanan

Tak hanya untuk kecantikan saja, manfaat minyak zaitun yang lain juga bisa sebagai bahan untuk memasak. Terlebih lagi bagi kalian yang ingin menghindari kolesterol. Di Indonesia itu sendiri, manfaat minyak zaitun telah menjadi bagian dari masyarakat. Minyak zaitun ini memiliki aroma buah buahan seperti tomat dan almond yang masih segar.

b. Manfaat minyak zaitun yang lainya adalah sebagai pengganti minyak urut

Hal ini sudah dianggap biasa di Indonesia. Maka, salah satu alternatif pengganti minyak urut adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Karena minyak zaitun ini, selain berguna untuk mengurangi rasa pegal, juga dapat memberikan efek rilek pada tubuh kita.

Namun, dibalik banyaknya manfaat minyak zaitun itu sendiri. Juga terdapat efek samping yang ditimbulkan oleh minyak zaitun tersebut, jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

D. Berikut beberapa efek samping minyak zaitun.

Hasil gambar untuk manfaat minyak zaitun sebagai tambahan makanan

a. Dapat menyebabkan alergi

Ada sebagian orang yang memang dapat menimbulkan alergi. Seperti gatal gatal, kemudian pada lehernya kemerahan.

b. Dapat menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah menurunkan tekanan darah. Tetapi tidak bagi seseorang yang tekanan darahnya rendah. Jika terlalu sering mengkonsumsi minyak zaitun, maka tekanan darahnya akan merurun. Sehingga dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan kita secara menyeluruh. Akibat kekurangan darah dapat menimbulkan gejala pusing, mual mual, bahkan sapai pada penyakit gagal ginjal.

c. Dapat menyebabkan diare

Pada minyak zaitun terkandung lemak yang tinggi. Sehingga jika kita mengkonsumsi minyak zaitun secara berlebih, maka system pencernaan kita tidak mampu mencerna sepenuhnya. Akibatnya kita terkena penyakit diare dari yang ringan sampai yang tengah.

Selain dari ketiga hal tersebut, masih banyak lagi efek samping dari mengkonsumsi minyak zaitun secara berlebih. Selanjutnya, setelah kita mengetahui efek samping dari minyak zaitun tersebut. Kemudian solusinya bagaimana?……..

E. solusi efek samping minyak zaitun.

Hasil gambar untuk manfaat minyak zaitun sebagai tambahan makanan

  1. Mengkonsumsi minyak zaitun sesuai takaran, perhari 3 sendok makan.
  2. Jangan menggoreng dengan minyak zaitun
  3. Mengkonsumsi minyak zaitun hanya apabila diperlukan saja.
  4. Jika ingin menggunakan setiap hari, maka gunakan minyak zaitun untuk bagian tubuh luar saja.

Demikian artikel ini, jika artikel ini bermanfaat silahkan share keteman teman kalian, terimakasih.