Kejujuran seorang anak kecil

Alkisah suatu ketika seorang anak kecil sedang melakukan pengembaraan untuk menuntut ilmu. Sebelum berangkat ibunya berpesan “wahai anakku janganlah engkau berdusta sebab kejujuran akan membawa pada keselamatan meskipun kejadian itu kelihatnya akan membawa pada kebinasaan” kemudian sang ibu membekalinya dengan uang 100 Dirham.

Anak itu kemudian berangkat, saat berada di tengah perjalanan ia bertemu dengan sekelompok perampok Mereka bertanya pada anak tersebut “wahai anak kecil Apakah engkau membawa uang?” dan si anak tersebut menjawab “Ya aku membawa uang”.

Sekelompok perampok yang merasa heran dengan anak ini, sebab setiap orang yang mereka temui selalu menjawab tidak memiliki uang dan menyembunyikan uangnya Jika perampok itu bertanya. Perampok itu kemudian tertawa dan berkata “Wahai anak kecil Apakah kau ndak mengolok-olok Kami?” Anak kecil itu menjawab “ aku tidak mengolok-olok kalian sungguh aku membawa sejumlah uang “.

Para perampok akhirnya membawa anak kecil tersebut kepada pimpinan mereka Sang Pemimpin perampok bertanya “anak kecil mengapa kau berdusta kepada kami dengan mengaku memiliki jumlah uang?”sang anak menjawab” Sungguh aku tidak berdusta ini uangku” kata si anak kecil dan mengeluarkan uang 100 dirham.

Pemimpin perampok berkata “Mengapa kau berani berkata jujur?apakah kau tidak takut uangmu kami rampas?” anak itu menjawab” sesungguhnya Ibuku telah berpesan padaku agar aku selalu berkata jujur dan tidak boleh berbohong terhadap siapapun dan aku tidak berani melanggarnya”.

Mendengar jawaban anak ini sama pemimpin perampok menangis dan berkata kau merasa takut ibumu akan marah jika kau berdusta sementara aku selama ini tidak merasa takut kalau Allah akan murka kepadaku akibat kedhalimanku. Wahai anakku sungguh kau telah memberikan suatu pelajaran yang sangat keras kepadaku.

Akhirnya pemimpin perampok dan para pengikutnya bertaubat kepada Allah berkat kejujuran sianak kecil tersebut.***

( YANI )

Artikel yang Direkomendasikan