Hukum Foto bagi Kaum Muslim

Di era saat ini, banyak sekali unggahan foto di media sosial. Selain untuk mengabadikan momen, foto juga sudah menjadi gaya hidup masa kini. Rasanya ada yang kurang jika belum mengabadikan momen-momen yang tidak bisa diulang. Hukum foto bagi kaum muslim ialah diperbolehkan. Namun, jika foto untuk berniat pamer atau riya’, sudah tentu dilarang agama. Sebagai contoh seseorang mengunggah foto atau selfie menggunakan mukena. Foto tersebut bisa jadi menunjukkan bahwa orang tersebut telah melakukan sholat. Padahal ibadah tersebut tidak pantas untuk kita pamerkan ke publik. Walaupun ketika foto harus menutup aurat, namun memakai mukena ketika foto tidaklah dianjurkan. Lebih baik mengenakan hijab saja.

Sebagai contoh lain ialah mengunggah foto ketika berbuat kebaikan. Padahal, kebaikan akan lebih sempurna diterima Allah SWT jika sedikit orang yang mengetahui kebaikan tersebut. Pada zaman sekarang, tidak sedikit orang yang memposting foto atau video ketika ia sedang bersedekah, sholat, mengaji, dan ibadah lainnya. Padahal jika kita memperlihatkan atau riya’ atas amal yang dilakukan, maka pahala amal tersebut akan hilang.

Oleh karena itu, sangat tidak diperbolehkan seseorang mengunggah atau memposting amal kebajikan. Cukuplah hanya diri sendiri dan Allah SWT yang tau atas amal tersebut.

Artikel yang Direkomendasikan