Daily Life 7 : Emansipasi Wanita, 50 kali lipat pahala?

Minggu, 22 Juli 2012 03:18 administrator E-mail Cetak PDF
Daily Life 7 : Emansipasi Wanita, 50 kali lipat pahala?

Kita sering mendengar kalimat emansipasi wanita, di Koran, di berita, di majalah, di telivisi, di radio di berbagai tempat kita berada. Apa sih emansipasi wanita itu?

Adalah persamaan hak antara wanita dengan laki laki. Mereka ingin seperti laki laki, jadi pekerja keras, kepala keluarga, pemimpin , melakukan semua kegiatan yang laki laki lakukan dengan hak dan kewajiban yang sama. Sesuatu yang sangat mungkin dilakukan di masa saat ini, dimana tingkat keamanan sangat tinggi, tingkat komunikasi sangat mudah, tingkat kemakmuran yang tinggi dan sebagainya. Saat ini kita sering melihat seorang wanita sebagai pemimpin Negara, seorang wanita sebagai tentara garis depan (seperti yang terjadi halnya di Israel) seorang wanita sebagai CEO perusahaan. Sungguh saat ini semua serba memungkinkan untuk berbagai hal itu terjadi. Ya saat ini memang sangat memungkinkan untuk seorang wanita mendapat perlakuan hampir sama seperti laki laki.

Dengan berbagai kemajuan hal seperti itu, agama terutama islam dipermasalahkan karena tidak dapat mengakomodasi persamaan hak antara wanita dan laki laki. Ya kita sering mendengar di pengajian pengajian bahwa islam itu meninggikan wanita, mengangkat derajat wanita setinggi mungkin sehingga wanita tersebut menjadi mahluk terhormat sesuai Alquran dan Hadist. Tetapi penjelasan penjelasan tersebut sering kali disangkal, dilupakan,

dianggap sudah ketinggalan jaman, tidak sesuai dengan jaman saat ini dan sebagainya sehingga banyak para ustad, ustadzah kewalahan menjawab pertanyaan pertanyaan tentang emansipasi wanita.

Sekarang coba kita lihat lagi kebelakang, kita hidup dijaman seperti ini, baru hanya kurang lebih 100 tahun dimana, minyak, plastik, atom, nuclear, mobil, telepon ditemukan.Baru 1 abad kita merasakan kehidupan yang sangat bisa dibilang mewah jika dibandingkan hidup masa lalu. Kemajuan teknologi kita, maju sangat sangat cepat, bisa dikatakan kita maju dengan kecepatan eksponensial, tidak linier – dalam 100 tahun ini seseorang bisa pindah antar benua dalam hitungan jam, angkasa yang sebelumnya hanya bisa dilihat sekarang sudah menjadi tempat tinggal, laut dalam yang tadinya ditakuti sekarang sudah menjadi makanan sehari hari. Dan berbagai penemuan penemuan lainnya yang mengubah gaya hidup manusia. Saat ini seorang wanita dapat berjalan di jalan pada malam hari tanpa rasa takut karena adanya lampu dan handphone, seorang wanita dapat menyuarakan suaranya yang (menurut mereka) tidak pernah didengar, seorang wanita dapat pergi dan pulang ke suatu tempat dengan aman dengan adanya mobil, motor, bus dll.

Apa yang terjadi pada tahun 1800 masehi kebawah? Atau tahun 1000 masehi kebawah ? atau mungkin tahun sekian sebelum masehi? Apakah bisa kita bilang pada saat itu wanita berani berjalan jalan sendiri tengah malam dengan aman? Apakah pada saat itu ada seorang wanita yang jadi kepala Negara (kalau pun ada bisa dihitung dengan jari)?, Apakah ada seorang wanita memimpin demonstrasi?, Apakah ada seorang wanita menjadi kepala keluarga mencari uang dan suaminya tinggal dirumah mengurusi pekerjaan rumah? Apakah ada?

Islam keluar pada abad ke 7 masehi, nasrani keluar pada abad 0 masehi, Yahudi keluar sebelum itu lagi, semua agama itu keluar jauh lebih dari 10 abad yang lalu dimana wanita diberlakukan tidak seperti wanita saat ini, malah lebih ekstrim lagi sebelum islam datang di jazirah arab, wanita disana dijadikan seperti barang dagangan, bisa dijual belikan, digunakan dimana saja, dinikahi siapa saja, dan hanya menjadi objek untuk dinikmati dan di gunakan. Pada saat itu seorang wanita bisa punya suami lebih dari satu, dan pada saat si wanita hamil, si wanita tinggal mengundi siapa yang mempunyai kewajiban untuk menjadi bapaknya. Ditempat lain, hampir semua wanita bisa dikatakan memakai pakaian yang sangat sangat tertutup dibanding saat ini, begitu agak terbuka sedikit, langsung bisa jadi wanita tersebut menjadi tidak aman, atau mungkin memang wanita tersebut menjual diri(tidak terhormat). Seperti itu lah wanita dahulu, dan mereka memang dikatakan diquran sebagai mahluk yang diciptakan untuk mendampingi laki laki. “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)….” (QS. An-nisa:34)

Ber abad-abad wanita sejak Hawa diturunkan dibumi bersama nabi Adam AS. Menjadi pendamping laki laki. Dan Islam melindungi hak wanita setinggi tingginya karena hal tersebut. Bisa dikatakan Islam saat ini adalah agama yang menghormati wanita sesuai dengan kodratnya.

Kemudian apa yang terjadi saat ini? Apakah Islam tidak dapat mengakomodasi keadaan jaman ini? Atau kita memang perlu merubah apa yang ada di quran? Kita lupa bahwa Nabi kita, Rasullulloh SAW, telah mengingatkan kita bahwa jaman dimana islam keluar, itu adalah menandakan hari akhir sudah dekat, banyak tanda tanda dari kiamat itu sudah terlihat. Ya salah satunya adalah dimana banyak berbagai hal itu menjadi terbalik balik, anak menjadi majikan, komunikasi sudah sedemikan hebatnya, wanita menjadi seperti laki laki, dan laki laki menjadi seperti wanita, dan ya, bisa jadi emansipasi wanita itu menjadi tanda dekatnya hari akhir.

Nabi kita juga meneritakan dimana ada suatu masa dimana islam seperti bara api, Begitulah bara api di tangan kita, maka Rasul jamin “Bahkan (pahala mereka berlipat) 50x orang diantara kalian (shahabat)” (HR Abu Dawud)” amal amal umat muslim itu dilipatgandakan 50 x dibandingkan amal amal sahabat nabi dahulu, karena disaat itu kehidupan untuk mempertahankan keimanan kita sangat sulit, dimasa itu sudah tidak ada Rasullullah, tidak ada tabiin, yang ada hanyalah pewaris pewaris nabi yang sangat jauh jaraknya dengan nabi, Alquran dan hadist hadist dari buku buku yang ada. Jadi apakah emansipasi wanita itu bertentangan dengan islam? ya karena tanpa sadar, wanita itu telah berubah menjadi seperti laki laki, kita mesti hati hati menghadapi hal ini, kita mesti cermat,cerdas dalam menakomodir hal ini jangan sampai kita menjadi umat yang dilaknat Allah SWT karena kita salah menyikapinya, dan Apakah saat ini kita hidup dijaman dimana kita dapat mendapatkan 50x pahala untuk setiap amal baik perbuatan kita? Wallahu alam, yang pasti kita berharap dan memohon semoga kita menjadi umat yang dirahmati, diridhoi dan di berkahi Allah SWT.

Wallahu alam bissawab..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *