Berbagai Macam Jenis Tanaman Anggur Di lereng Merapi.

Tanaman anggur merupakan salah satu jenis tanaman yang jarang ditemui di daerah pegunungan. Selain jarang ditemukan tanaman anggur ini juga sangat sulit untuk di budidayakan. Namun, masih ada juga wilayah-wilayah atau daerah yang masih membudidayakan tanaman anggur tersebut.

Salah satunya kebun anggur yang berada di lereng gunung merapi, tepatnya di PP/PA SABILULHUDA yang berada di Jalan Kaliurang KM 17 Pakem Sleman. Kebun anggur ini dibentuk oleh Tatar Fatoni yang merupakan salah satu pemuda di lereng merapi tersebut. Cara yang di pakai oleh Tatar Fatoni pun sangat menarik, yaitu dengan cara menyambungkan batang

atas dan batang bawah atau lebih dikenal dengan istilah Grafting. Untuk hasil Grafting sendiri Tatar Fatoni menyediakan lahan 5000 Meter persegi. Untuk perawatan hasil Grafting yang nantinya akan dirawat sekitar 2,5 bulan sampai hasil Grafting tersebut sudah bisa jadi bibit anggur yang siap tanam.           

  Harga jual bibit anggur lokal itu sendiri mulai Rp.50.000 sedangkan yang impor mulai Rp.125.000. Dan proses pemasarannya juga sangat modern, yaitu dengan menggunakan Media Sosial sehingga masyarakat mudah untuk mencari atau membeli tanaman anggur tersebut.         Kebun anggur ini sendiri di bentuj untuk mengembangkan kreatifitas dan kemampuan santri yang ada di pondok tersebut.

Selain itu juga kebun anggur ini di bangun supaya masyarakat mudah untuk menanam bibit anggur terutama bibit anggur impor. Karena, pada masa sekarang ini untuk mencari bibit anggur impor yang berkualitas sangatlah sulit dan jarang di temukan. Tak hanya itu, jika dilihat dari segi ekonomi sendiri bibit anggur impor jauh lebih menguntungkan untuk para petani dibanding bibit anggur lokal dan bibit buah lainnya. Karena, rasanya lebih manis dan enak dibanding anggur-anggur yang sering kita temui atau anggur lokal.***

(PUJHI)