Agar Komputer Anda Lebih Optimal Fungsinya

Senin, 12 Juli 2010 14:59 Taufiq Nurhayadi
Pondok Pesantren Sabilul Huda saat ini hanya memiliki 2 set komputer. Satu komputer khusus digunakan oleh pengurus yayasan untuk operasional administrasi yayasan dan operasional website, yang tidak memungkinkan penggunaannya untuk dishare dengan santri, karena alasan keamanan data penting yayasan (santri biasanya kurang aware pada kebersihan virus, sehingga membahayakan kesehatan data penting yayasan, apalagi imunisasi komputer hanya dari antivirus gratisan).
Sementara komputer yang satu lagi dikhususkan bagi santri, untuk belajar program komputer, mengerjakan tugas sekolah, operasional organisasi santri dan sebagainya. Satu komputer untuk 60 santri. Memang bukan rasio yang ideal. Tapi keadaan yang memaksa. Daripada santri gagap teknologi, maka lebih baik santri diajak belajar sabar mengoperasikan komputer yang seadanya (baca : lelet, lemot).
Komputer santri ini memang cukup mengenaskan. Spek Pentium 3 awal sehingga usianya sudah tergolong uzur, ditambah dengan frekuensi penggunaan yang sangat tinggi akibat rasio penggunaan 1 : 60, menyebabkan si komputer santri mulai sakit-sakitan. Kadang di tengah kesibukan mengoperasikan tiba-tiba si komputer ngerestart sendiri. Kadang jalannya si windows menjadi super lemot. Bahkan kabarnya sekarang sudah mogok gak mau jalan-jalan lagi. Memang sudah waktunya pensiun, mungkin. Praktis santri tidak punya komputer lagi!!

Tetapi Santri tetap harus pinter menggunakan komputer. Santri tidak boleh ketinggalan teknologi. Harus mantab penguasaan software yang dibutuhkan pasar.
Maka, jika saudara-saudaraku mempunyai komputer yang sudah lebih banyak nganggurnya daripada digunakan, kami bersedia mengoptimalkan fungsi komputer saudara. Semoga menjadi amalan jariyah bagi kita. Bukankah harta kita yang sebenarnya adalah harta kita yang digunakan di jalan Allah. Sama sekali bukanlah orang yang kaya jika hartanya hanya untuk kepentingan dia dan keluarganya saja. Orang yang kaya yang sesungguhnya adalah orang yang harta yang dititipkan Allah kepadanya digunakan sebanyak-banyaknya untuk kemanfaatan umat.

KAMI
YAYASAN SABILUL HUDA
MENYATAKAN :

MENERIMA SADAQAH KOMPUTER

BEKAS (Alhamdulillah)
BARU (Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah)

Agar komputer anda lebih optimal fungsinya.
Tidak hanya di dunia bahkan sampai di akhirat
Jazakallah Khairan Katsira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *