7 ide usaha bisnis di PP/ PA sabilulhuda

Hasil gambar untuk ide usaha bisnis animasi keren

Usaha bisnis di usia muda adalah pilihan terbaik untuk kita semua yang ingin hidup sejahtera tanpa harus menjadi seorang karyawan. Betul bukan teman teman…!!!. Bahkan usaha bisnis diusia muda mempunyai banyak keuntungan, maka tidak ada salahnya belajar bisnis sejak usia dini. Salah satu keuntungan menjadi wirausahawan muda adalah mudahnya mereka mencari modal usaha terutama bagi mereka yang masih dibawah tanggung jawab orang tuanya. Karena usianya yang masih muda maka resiko bisnis para wirausahawan muda umumnya lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang sudah berumur lebih tua.

Maka tidak heran jika salah satu pondok dan juga panti asuhan sabilulhuda mengajarkan kepada para santri santrinya untuk berwirausaha. Yaitu dengan mengajarkan penerapan 5D secara konsisten. 5D tersebut adalah https://www.facebook.com/Si-ganteng-498468493949400/?modal=admin_todo_tour

  1. Dream

Yaitu dimana setiap santri yang ingin sukses itu harus memiliki impian dan visi yang jelas terutama masa depan bisnisnya.

  1. Decivences

Yaitu setiap santri yang ingin sukses itu harus memiliki kemampuan untuk mengambil suatu keputusanuntuk memulai usaha bisnis

  1. Doers

Yaitu setiap santri mulai melakukan usaha bisnisnya, tidak hanya bicara saja.

  1. Determiniaton

Yaitu para santri melaksakan kegiatan usaha bisnis dengan perhatian dan tidak mudah menyerah walaupun ada banyak tantangan.

  1. Dedication

Yaitu setiap santri itu harus memiliki pengorbanan baik tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan usaha bisnis yang ia bangun.

Tetapi, yang menjadi pertanyaan kita semua apalagi di era digital seperti sekarang ini, kita semua masih bingung ingin usaha bisnis apa?. Padahal ada banyak sekali bidang bisnis dari mulai bisnis offline maupun online. Kita bias mencari segala macam informasi dari internet. So, tidak ada alasan lagi untuk masih berfikir “kira kira mau usaha bisnis apa ya”?. Salah satu pondok pesantren di Yogyakarta Sabilulhuda, mengajarkan kepada para santri santrinya usaha bisnis yang bermacam macam. Ada beberapa tingkat usaha bisnis di pondok tersebut.

  1. Untuk santri yang masih disekolah dasar
  2. Untuk santri yang masih sekolah SMP
  3. Untuk santri yang sudah SMA dan sudah lulus sekolah

Penasaran? Simak ulasanya berikut ini:

A. Untuk santri yang sudah SMA dan yang sudah tamat sekolah

1.  Usaha bisnis sapi perah

Bagi sebagian orang, usaha bisnis sapi perah mungkin identik dengan kumuh dan kotor. Tak jarang sebagian orang menilai bahwa ini adalah profesi rendahan. Namun, hal ini tidak berlaku bagi para santri santri pondok sabilulhuda. Mereka semua dengan senang hati mengelola dan mengurus sapi perah tersebut. Padahal, kesulitan mengurus sapi perah tersebut terletak pada ketersediaan pakan. Namun hal ini tidak menciutkan para santri untuk menyerah bahkan bertambah semangat.

Namun, dibalik kesulitan tersebut terdapat keuntungan yang banyak, karena dalam sehari pemerahan susu bisa dilakukan dua kali. Rata rata satu ekor sapi memproduksi susu 11 liter dalam sehari. Maka dalam sebulan satu ekor sapi memproduksi 330 liter susu, sedangkan satu liter susu harganya 7000, maka dalam satu bulan 2.310.000. padahal total sapi perah dipondok tersebut ada 15 ekor, maka bisa dihitung omzet yang bisa diterima dalam sebulan rata rata 69.300.000, fantastis bukan?…..

2. Usaha bisnis pemancingan dan restoran iwak banyu

Salah satu usaha bisnis yang diajarkan kepada santri santrinya terutama yang sudah SMA dan yang sudah tamat sekolah adalah dengan membuka pemancingan dan warung makan. pemancingan ini dapat menjadi salah satu tempat untuk melepaskan penat sekaligus menyalurkan hobi bersama keluarga, teman teman, atau orang yang disayangi. Dipemancingan ini juga terdapat sebuah resto, sehingga kalian dapat langsung mengolah hasil mancing disana dan menikmatinya. Tempat ini buka setiap hari mulai pagi dari jam 08:00 sampai malam jam 23:00. Jika kalian penasaran silahkan kunjungi tempat pemancingan tersebut.

3. Usaha bisnis di bidang pertanian

“Jika istrimu adalah seorang sarjana pertanian”. Hehehe… tenang yang kita bahas bukan sarjananya melainkan pertanianya. Oke kita lanjutkan pembahasanya, dipondok pesantren sabilulhuda terdapat usaha bisnis yang sangat menjanjikan juga salah satunya yaitu dibidang pertanian. Ada beberapa jenis tanaman yang sedang ditanam sampai sekarang ini. Diantaranya tanaman cabai rawit, jeruk, jambu dan kolonjono. Tanaman cabai rawitpun sudah dipanen sekitar 10 kali dan sampai sekarang ini masih berbuah terus. Apalagi dengan tanaman kolonjono yang sangat mudah pengolahanya, sampai sudah dipanen beberapa kalipun masih tetap tumbuh terus sampai saat ini. Berbeda dengan tanaman jeruk dan jambu, memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan tanaman yang lainya.

B. Untuk santri yang masih sekolah SMP

1. Usaha bisnis kambing potong

Bagi santri santri yang masih sekolah tingkat SMP dan sederajatnya, maka cara mengajarkan usaha berbisnis lebih ringan dalam mengelola dan mengurus usaha tersebut. Salah satunya adalah kambing potong, untuk mengurus kambing kambing tersebut para santri masih dipandu yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Dipondok sabilulhuda tersebut sampai sekarang ini masih terdapt 30 ekor kambing potong yang sudah siap untuk di distribusikan ke berbagai wilayah terutama daerah Yogyakarta.

2. Usaha bisnis sapi potong

Ada banyak jenis sapi yang bisa dibudidayakan disetiap daerah. Tetapi yang dipondok tersebut hanya terdapat satu ekor sapi, yaitu sapi bali. Usaha bisnis ini memang sangat menjanjikan sekali, walaupun dalam kurun waktu yang agak lama. Tetapi tetap ada hasilnya.

C. Usaha bisnis untuk santri SD dan sederajatnya

1. Usaha bisnis ternak kelinci

Bagi kalian yang termasuk dalam barisan manusia gampang gemas, melihat hewan peliharaan yang lucu saja, pasti bikin bahagia seharian. Apalagi dipondok sabilulhuda terdapat salah satu usaha bisnis yang sangat nggemesin, yaitu ternak kelinci. Usaha ini dikelola oleh santri santri yang masih SD dan sederajatnya. Maka tidak heran jika ini termasuk bisnis yang nggemesin, soalnya yang mengelola adalah santri santri lucu dan yang dikelola juga hewan lucu.

 

2. Usaha bisnis budidaya ayam kalkun

Siapa yang tidak mengenal dengan yang namanya ayam kalkun!. Ayam yang satu ini memang bukanlah asli unggas dari Indonesia. Namun ayam kalkun cukup popular di negeri ini. Karena peluang usaha bisnis budidaya ayam kalkun sangat menjanjikan, maka dipondok sabilulhuda mencoba untuk mengembangkan bisnis ini. Dimulai dari santri santri yang masih SD dahulu. Saat ini ayam kalkun terdapat lima ekor, betina 4 ekor dan jantan satu ekor. Karena saha bisnis ayam kalkun tersebut di jaman modern ini makin mudah dan canggih, maka untuk memperbanyak  bibit ayam kalkun tersebut sudah di fasilitasi dengan mesin penetas telur.

Nah, setelah mengetahui contoh usaha bisnis diatas, maka kita semua nggak perlu takut lagi buat memulai usaha sendiri, ‘kan? Apalagi di Indonesia masih butuh banyak pengusaha pengusaha muda seperti kalian!